SELAMAT DATANG DI MEDIATEHNIK.BLOGSPOT.COM Semoga bermanfaat!

Translate to:

Nokia 2330c Hank & Shutdown Solution

Thursday, April 1, 2010


GEJALA KERUSAKAN :
1. baru di on setelah 10-15 detik hp hank
2. setelah kurang lebih 1 menit hp mati sendiri
3. Pada saat di charger hp normal

DIAGNOSA KERUSAKAN :
1. Ponsel baru dinyalakan smua tegangan dari ic UEM dalam keadaan normal (VIO,VFLASH, VANA, VCORE, DLL), Setelah kurang lebih 10 detik Hp menjadi Hank, pada keadaan hank tegangan VIO diukur ternyata turun menjadi 0.7V yang seharusnya 1.8V, Apa penyebabnya : VIO disini adalah tegangan yang hampir dibutuhkan sebagian besar dari rangkaian Ponsel (LCD, Camera, Radio & Bluetooth, UPP, IC Flash, etc) Jadi teg VIO overload (terlalu banyak beban)
2. Setelah 1 menit Ponsel tiba-tiba mati sendiri karena CPU tiduk cukup mendapatkan tegangan yg dibutuhkan utk dapat bekerja dengan semestinya.
3. Pada saat Ponsel dicharger normal-normal saja karena UEM mendapatkan bantuan tenaga dari external power

EKSEKUSI PERBAIKAN
1. Solusi yang terbaik adalah dengan membuat rangkaian Power Suplly tambahan(regulator SMPS) yang outputnya 1.8v untuk mengurangi beban VIO tapi proses ini membutuhkan Waktu & Biaya yang lumayan dan juga rumit (bagi teknisi itu sangat menyebalkan)
2. Solusi ekonomis banget, gak nyampe 5000 rupiah, Bahkan bisa juga gretongan(ambil dari ponsel yg sudah bangkai) yakni menfaatkan tegangan VFlash 2.8V untuk membantu VIO yang sebelumnya musti diturunkan dulu 1.8V yakni menggunakan 3 Dioda yang dirangkai seri seperti gambar diatas (1 dioda bs menurunkan tegangan 0.325V)
3. Tidak beresiko tinggi asal dikerjakan dengan hati-hati dah sesuai petunjuk
4. Eksekusi perbaikan gak nyampe 20 menit karena pemasangannya hanya membutuhkan solder
5. Bikin Nota ( kalo yang ini terserah anda yang jangan terlalu murah)! hehehe...


NB : Setelah Pemasangan dioda seri 3pcs dari VFLASH ke VIO jangan lupa diukur lagi tegangan VIOnya jangan sampe over voltage untuk mencegah kerusakan Ponsel dikemudian hari.


Diodanya bisa di ambil dari 7610 atau 6300,seperti ini: 


Selamat mencoba!
By klinik ponsel

0 comments:

Post a Comment