SELAMAT DATANG DI MEDIATEHNIK.BLOGSPOT.COM Semoga bermanfaat!

Translate to:

Gambaran umum service Blackberry

Thursday, February 25, 2010

Apa yang membedakan Blackberry dengan HP lainnya ?
HP Blackberry “tidak ada” gunanya jika kita tidak berlangganan paket Blackberry dari operator. Bisa dibilang tanpa service BB,HP BB sama saja HP biasa .
HP Blackberry melakukan koneksi internet dengan APN: blackberry.net, di mana setting ini builtin di HP atau di software Blackberry Connect… dan tidak bisa dipakai di HP biasa dengan bermain setting APN seperti GPRS biasanya. Akses untuk APN blackberry.net inilah yang harus kita bayar per bulan ke operator sekitar 185rb - 200rb(tergantung operator yang digunakan).
Sedangkan akses email / account email Blackberry itu tidak ada hubungannya dengan pembayaran per bulan ke operator . Account Blackberry bisa kita buat jika kita punya handset/HP Blackberry. Dan aturan “umum”nya …. 1 Ponsel punya 1 account. Jadi hubungannya Ponsel-to-account … terserah mau pakai operator apa pun.
Di setiap Ponsel Blackberry, kita harus tahu PIN dan IMEI dari HP. PIN di sini bukan PIN untuk menghidupkan HP, tetapi lebih mirip IMEI kedua dari HP. PIN BB merupakan identitas handset BB, yang memungkinkan percakapan PIN-to-PIN.

Nah untuk pembuatan account BB, kita tinggal masuk ke situs seperti:
- xl.blackberry.com
- telkomsel.blackberry.com
- indosat.blackberry.com
Sebenernya ini terserah saja mau pakai yang mana, sama saja … karena itu ke server nya RIM. Hanya saja lebih baikmengikuti operator yang digunakan. Pada saat registrasi, nanti akan ditanyakan PIN dan IMEI dari handset BB milik kita. Nah, kalau misalnya nanti ganti handset … harus masuk ke account ini dahulu dan pilih Change Device, dan kita harus memasukkan PIN dan IMEI BB yang baru.
Kalau tidak, pemilik handset  BB yang baru tidak  bisa daftar account ke Blackberry (RIM).


Untuk anda yang mau beli BB, persiapkan dulu kartu / SIM card yng sudah siap BB servis.
Jadi ketika beli handset BB baru, langsung dicoba untuk di registrasi account BB, karena beberapa kasus yang aku alami … banyak juga handset BB yang masih menggantung alias sudah terdaftar ama orang lain.Kalau kasus nya begini, urusan susah … bisa dibilang hampir tidak bisa “dibenerin” … kecuali kita minta pemilik account tsb untuk melepas PIN BB nya.

Tapi andaikata sempat mengalami, coba  lakukan hard reset dulu si BB …  cara hardresetnya: Options - Security Options - General Settings - (klik Menu) - Wipe Handheld. Kalau memang masih menggantung, ya sudah deh!

Proses testing handset BB:
1. Siapkan SIM Card yang sudah siap BB service.
2. Masukkan SIM card ke handset BB, nyalakan, dan lakukan proses registrasi service BB.
3. Jika perlu restart BB dahulu ( ALT - CAP - DEL ).
4. Perhatikan indikator tulisan GPRS / EDGE … dari huruf  kecil (gprs), nanti berubah jadi huruf besar (GPRS). Ini menandakan service BB dari operator sudah aktif.
5. Buka Options - Advanced Options - Host Routing Table.
Harusnya ada beberapa baris tulisan di sana, kalau masih kosong … klik Menu - Register Now.
Tunggu sampai muncul beberapa baris di Host Routing Table.
6. Buka web browser di PC, dan masuk ke situs BB
- xl.blackberry.com
- telkomsel.blackberry.com
- indosat.blackberry.com
Pilih sesuai operator SIM Card.
7. Buka di BB, Options - Status, catat PIN dan IMEI.
8. Register new account di situs BB dengan PIN dan IMEI si handset.
9. Jika sukses, nanti tinggal setting email account saja di situs BB.
10. Setting Email cukup dari situs BB, tidak perlu di handset lagi.
Sampai di sini BB sudah bisa di pakai. Semoga membantu!