Loading...

7 Cara Melewati Lock Screen di Smartphone Android

MEDIA CELLULAR 8:58 PM Add Comment
Android merupakan sistem operasi yang bersifat Open Source, kita dapat melakukan berbagai macam cara untuk melewati proteksi lock screen baik itu lupa dengan kunci pattern, kode pin atau password. Ponsel yang terkunci tentu menjadi suatu masalah yang menyebalkan. Apalagi jika ponsel tersebut memiliki beragam data penting yang tersimpan.
Pada dasarnya penggunaan Lock Screen pada setiap perangkat gadget bertujuan untuk mengamankan file atau informasi yang ada di dalam smartphone mulai dari Foto, Video, File, Dokumen, Catatan Memo, Gambar sampai dengan Rekaman Audio. Penyebab banyak gadgeters yang lupa kode untuk membuka kunci layar ini biasanya disebabkan sulitnya kode yang dibuat dan kita tidak menuliskannya pada sebuah lembar kertas.
Jika anda memasang Lockscreen pada smartphone Android dan lupa cara membuka proteksi kunci layar tersebut, maka jangan panik dahulu. Janganlah terlalu terburu-buru membawa smartphone android ke tukang servis hp ataupun ke galeri customer service resminya. Kamu bisa mencoba cara yang saya gunakan, Mengunci smartphone android dengan mode pola dan pattern tentu saja memiliki kelebihan dan beberapa kurangan. Pada umumnya kunci lockscreen yang paling aman adalah dengan menggunakan kunci Sidik Jari. Saya menggunakan Samsung Galaxy S6 yang sudah support Fingerprint untuk mengunci layar smartphone. Tentu kita tidak perlu mengingat atau menghafalnya yang mengakibatkan kita sering lupa. Bagi kamu yang kesulitan untuk membobol kunci layar pada ponsel, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membukanya.


Berikut ini merupakan 7 Cara Melewati Lock Screen di Smartphone Android:


  1. Android Device Manager
Untuk perangkat Android 4.0 ke atas (Jelly Bean, Kitkat, Lollipop), sobat bisa memanfaatkan fitur Android Device Manager untuk membuka lock screen. Fitur ini merupakan cara terbaik yang bisa digunakan dan paling ampuh sukses untuk melewati proteksi lock screen yang terkunci. Selama perangkat tersebut login menggunakan akun Google, pengguna bisa mengendalikannya dari perangkat lain seperti komputer atau laptop.
Untuk membuka ponsel yang terkunci, langkah pertama yaitu silahkan kunjungi halaman Android Device Manager berikut: https://www.google.com/android/devicemanager
Setelah membuka tautan tersebut, login menggunakan akun Google yang sama dengan akun google pada ponsel yang terkunci tersebut. Anda akan diarahkan ke situs yang menampilkan informasi singkat akan ponsel tersebut. Nanti akan ditampilkan password baru yang akan bisa untuk mengganti nomor PIN, Pattern, ataupun password dari lockscreen yang terkunci. Setelah selesai, klik Lock.
Secara langsung, Google akan mengubah password lockscreen ponsel Android anda dalam waktu kurang dari 5 menit. Kemudian silahkan masukkan password yang baru tersebut dari layar lockscreen pada ponsel.
2. Find My Mobile
Bagi pengguna perangkat Android Samsung, ada layanan yang serupa dengan Android Device Manager. Silahkan ke halaman: Samsung Find My Mobile dari peramban anda.
Silahkan login menggunakan akun Samsung yang kamu gunakan pada ponsel. Jika sebelumnya anda tidak memiliki akun Samsung maka cara ini tidak akan berhasil. Dan fitur ini hanya dapat digunakan bagi perangkat bermerk Samsung. Bagi yang sudah bisa login, mari klik tombol “Lock My Screen” yang terletak di panel menu sebelah kiri. Dari sini masukkan empat nomor PIN baru dan klik tombol Lock. Anda bisa membuka hp yang terkunci tadi dengan kode pin baru tersebut.
3. Forgot Pattern atau Lupa Password
Jika sobat menggunakan ponsel dengan sistem Android 4.4 ( Kitkat ) ke bawah, cobalah gunakan fitur Forgot Pattern. Forgot Pattern adalah fitur yang memang sudah ada sejak membeli ponsel baru dan tertanam di sistem operasi Android. Biasanya setelah gagal memasukkan password lockscreen dengan benar sebanyak 5 kali, Sobat akan menerima pesan “Try again in 30 seconds” . Ketika pesan ini tampil, tap atau sentuh tombol di bagian bawah yang bertuliskan “Forgot Pattern atau dalam bahasa Indonesia yaitu Lupa Password”.
Dari situ, pilih “Enter Google account details”. Kemudian masukan akun email dan password Google anda. Tidak lama anda akan menerima pesan untuk melakukan unlock lockscreen di ponsel anda. Cara membuka ponsel yang terkunci layarnya dengan lupa password adalah cara yang paling mudah dilakukan dan bekerja di semua ponsel Android Kitkat ke bawah.
4. Factory Reset Android
Cara yang paling jitu selanjutnya yaitu melakukan Factory Reset. Jika anda tidak terlalu memperdulikan data yang tersimpan di ponsel yang terkunci, salah satu cara paling mudah adalah dengan melakukan factory reset.
Dengan melakukan proses factory reset, semua data seperti file dokumen, musik, gambar, download akan terhapus semua. Tidak hanya file, semua pengaturan dan aplikasi yang sudah terinstall juga akan direset secara otomatis. Jadi gunakan cara untuk membuka lockscreen ini hanya jika menurut anda data yang tersimpan tidak terlalu penting.
Proses untuk melakukan factory reset itu berbeda-beda pada setiap perangkat. Namun sebagian besar ponsel android menggunakan cara yang sama.
Berikut tahapan cara melewati proteksi lockscreen di smartphone android:
  1. Pertama,Matikan smartphone android anda terlebih dahulu.
  2. Setelah ponsel benar-benar dalam kondisi mati, tekan dan tahan tombol Volume atas, Tombol Home, Tombol Power secara bersamaan ,untuk masuk ke recovery mode. Jika berhasil akan tampil menu recovery. Pada beberapa smartphone android untuk masuk ke recovery mode memiliki cara yang berbeda. Silahkan buka buku panduan petunjuk penggunaan ponsel.
  3. Tunggu sampai Android system recovery terbuka.
  4. Pilih Wide data/factory reset, untuk melakukan pergerakan kursor tekan volume atas dan bawah untuk memilih tekan tombol Home atau menu
  5. Pilih “Yes”, lalu tunggu sampai proses selesai.
  6. Tekan Reboot system now, dan selamat android sobat kembali seperti semula awal pabrik.
Cara kedua :
Matikan ponsel anda. Lalu dalam kondisi mati, nyalakan kembali ponsel dengan menekan agak lama tombol Volume Down (-) dan tombol Power secara bersamaan. Tombol Volume Down adalah tombol yang biasa digunakan untuk menurunkan level suara ketika menyetel musik atau video. Tombol Power adalah tombol yang digunakan untuk menyalakan dan mematikan ponsel.
Jika berhasil anda akan masuk ke menu bootloader.

  1. Tekan tombol Volume Down dua kali untuk masuk ke pilihan Recovery Mode.
  2. Tekan tombol Power untuk memilih mode ini.
  3. Selanjutnya tahan tombol Power dan tekan tombol Volume up (+) sekali. Jika sobat berhasil maka akan masuk ke mode recovery.
  4. Gunakan tombol Volume atas atau bawah untuk memilih pilihan “Wipe data/factory reset”. Tekan tombol Power untuk memilihnya.
  5. Setelah proses selesai, pilih “Reboot system Now”. Dari sini sistem akan kembali ke kondisi semula.
5. Android Debug Bridge (ADB)
ADB  yang merupakan singkatan dari Android Debug Bridge sebenarnya terdapat dalam paket Android SDK (Software Development Kit) yang berukuran sangat besar. Biasanya cara membuka kunci layar ponsel android menggunakan ADB dilakukan oleh para programmer atau orang yang hobi oprek android. Jika sobat hendak menggunakan ADB, cukup unduh softwarenya melalui tautan: https://goo.gl/AGAMZC .
Sebelum memasang Minimal ADB Fastboot, pastikan ponsel dihubungkan terlebih dahulu ke komputer menggunakan kabel data USB. Jangan lupa juga untuk segera mengaktifkan fitur “USB Debugging” pada menu Developer Options di ponsel android.
  • Setelah ADB terpasang, otomatis akan tampil command prompt dari direktori ADB.
  • Dari jendela Command Prompt tersebut, ketik perintah: adb shell rm /data/system/gesture.key
  • Lalu tekan Enter. Selanjutnya reboot ponsel dan otomatis tampilan lock screen akan hilang sehingga anda bisa kembali mengakses ponsel tersebut kembali.
Sobat harus tau bahwa cara ini hanya berlaku pada booting pertama, jadi pastikan setelah Anda melakukan pemasangan perlindungan baru berupa PIN, Pattern, dan password.
6. Dari Lockscreen UI
Cara membuka atau melewati proteksi lockscreen ini khusus hanya dapat digunakan pada ponsel dengan sistem operasi Android Lollipop. Tetapi metode ini juga hanya berhasil jika kunci layar menggunakan metode Password dan bukan kunci Pola atau kode PIN.
  1. Pertama, tekan pilihan Emergency Call. Masukkan 10 angka hingga penuh dan lakukan copy pada angka tersebut dan paste pada kolom yang sama.
  2. Lakukan hal tersebut secara terus menerus hingga kolom tersebut penuh dan tidak lagi mampu menampung karakter angka yang banyak.
  3. Selanjutnya silahkan kembali ke lockscreen dan buka kamera dengan menekan shortcut.
  4. Dari sini geser ke bawah notifikasi dan tekan ikon Settings.
  5. Maka anda akan ditanya untuk mengisi password.
  6. Tekan dan tahan yang lama pada kolom input dan pilih Paste. Lakukan hal ini beberapa kali dengan cepat hingga kolom tersebut tidak bisa lagi memasukkan karakter dan akhirnya akan mengalami crash. Pada saat crash inilah anda akan bisa mengakses tampilan interface yang tadinya terkunci dengan password.
  7. Selesai

7. Safe Mode
Cara membuka kunci lockscreen yang terakhir yaitu menggunakan fitur Safe Mode. Jika lockscreen yang terkunci merupakan aplikasi dari pihak ketiga, dan bukannya lockscreen bawaan Android, booting dari safe mode merupakan cara termudah yang bisa dilakukan. Untuk masuk ke safe mode, beberapa ponsel Android terkadang menggunakan cara yang berbeda.
Cara masuk ke safe mode pada ponsel umumnya sama yaitu dengan menekan tombol Power agak lama (dalam kondisi hidup), nanti akan ada peringatan untuk masuk ke safe mode. Tekan Yes/Oke untuk menyetujuinya.
 Namun jika cara tersebut tidak berhasil, anda bisa mencari cara masuk ke safe mode berdasarkan tipe smartphone yang digunakan melalui internet atau baca buku petunjuk penggunaan ponsel. Jika sobat berhasil masuk ke safe mode, secara otomatis lockscreen akan nonaktif sementara. Dari sini anda tinggal menghapus aplikasi lockscreen dari pihak ketiga dan lakukan reboot ponsel secara normal.


Itulah 7 Cara Melewati Proteksi Lock Screen pada Smartphone Android. Bagaimana sobat? 

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa di-Uninstall

MEDIA CELLULAR 1:34 AM Add Comment
Cara Mudah Menghapus Aplikasi  Android yang Tidak Bisa di-Uninstall – Mungkin sebagian besar dari kita pernah mengalami hal seperti ini, yaitu mengalami sebuah kejengkelan dimana di ponsel android kita tersemat sebuah aplikasi yang tidak terlalu berguna namun tidak bisa di-Uninstall. Aplikasi seperti biasanya akan memakan kapasitas Ram dari ponsel kita tanpa sebuah fungsi yang begitu berarti, padahal kapasitas Ram kita sudah mulai menipis dan menghawatirkan. Kita cari caranya di Google kadang cara yang ditulis pada suatu artikel akan membuat kita semakin bingung.






Tetapi anda akan merasa sedikit tenang, sebab saya akan memberikan sebua cara bagaimana cara  untuk menguninstall aplikasi yang tidak bisa kita hapus dan cenderung terlihat permanane. Caranya tidak terlalu ribet kog sob, malahan cara ini sangat mudah dan bisa anda coba kapan saja di ponsel android anda. Kejadian aplikasi tidak bisa di-uninstall biasanya terjadi karena dua faktor yaitu :

  1. Aplikasi yang ingin kita hapus merupakan sebuah aplikasi bawaan dari sistem operasi android di ponsel kita. Jika hal ini terjadi pada aplikasi anda , maka akan sedikit sulit untuk menghapusnya jika hanya menggunakan cara yang biasa saja. Kecuali anda melakukan jalan pintas dengan mengeROOTING  ponsel anda . Memang sedikit nekat sob cara seperti ini dan agak memiliki resiko yang cukup riskan.
  2. Penyebab kedua adalah aplikasi yang tidak bisa dihapus tadi kemungkinan sudah terintegrasi dengan sistem administrator ponsel anda. Tetapi biasnya hal seperti ini aplikasi anda memiliki beberapa fungsi yang mungkin terkait dengan pengaturan password anda, lock / unlock ponsel, pelacakan lokasi, serta beragam fitur canggih dari ponsel anda. Untuk hal seperti ini sebenarnya masih bisa kita atasi agar bisa kita hapus. Tetapi tentu saja kita harus mengecek dan juga sedikit melakaukan pengaturan supaya aplikasi yang tidak terlalu berfungsi tadi bisa anda hapus.

Buat kalian yang sudah sangat penasaran dengan bagaiman cara menghapus apilkasi yang tidak bisa di-uninstall saya akan memberikan caranya kepada anda sob, dan caranya sebagai berikut :

    • Buka apliksi yang ingin anda hapus tadi, anda periksa apakah tombol unistall benar – benar tidak bisa anda pilih atau anda tekan.
    • Jika memang sudah sama sekali tidak bisa anda tekan, anda coba saja periksa sistem administrasi dari aplikasi tersebut aktif atau tidak. Anda tinggal masuk saja ke enu pengaturan, lalau anda pilih saja “Security”. Untuk lokasi keberadaan menu “ Device Administrators” ini mungkin akan tergantung dengan pengaturan UI dari ponsel anda
    • Geser / scroll untuk  mendapatkan letak menu opsi “Device Administrators”
    • Lalu kemudian anda tekan saja dan lakukan pemeriksaan, apakah aplikasi yang tidak bisa anda hapus tadi ada pada menu atau sistem administrators yang aktif.
    • Jika aktif, kemungkinan akan ada tanda centang pada, dan anda harus mendeactivatekan opsi tersebut. Anda disini hanya tinggal memilih “Deactivate”.
    • Selanjutnya , anda coba lakukan pemeriksaan aplikasi tersebut tadi pada menu anda. Apakah tombol unistall masih seperti tadi atau susa berubah dan bisa anda klik.
    • Jika tombol unistall sudah bisa anda klik, berarti anda sudah bisa menghapus aplikasi yang tidak terlalu berfungsi bagi anda . Cara ini tinggal anda lakukan dan ikuti prosesnya seuai keterangan yang sudah saya berikan.

MEDIA CELLULAR 12:50 PM Add Comment
#Kelebihan Hp Android#

 1. Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya, memodifikasi bahkan menyempurnakannya.
 2. Lisensinya lebih murah, tidak semahal, O.S. Blackberry, maupun Iphone atau PDA yang menggunakan OS Windows Mobile.
 3. Stabil dan aman, tidak mudah hang atau bahkan terkena virus.
 4. Karena merupakan aplikasi gratis dari Google, maka Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar.
 5. Lebih simpel dan mudah pengoperasiannya atau tidak ribet.  

#Kekurangan Hp Android#

 Hp yang menggunakan Android ternyata juga mempunyai kekurangan, berikut kekurannya:

1. Harga hp Android masih mahal, (mungkin karena lagi ngetrend). Kemungkinan setelah banyak hp yang menggunakan Android, hp Android lama-lama jadi murah.
2. Hp yang menggunakan Android aplikasinya terbatas, belum banyak aplikasi yg tersedia untuk android. (mungkin karena masih baru juga).
3. Karena terbiasa menggunakan handphone yang menggunakan O.S. Symnian dan Windows Mobile, mungkin Anda akan sedikit bingung memakainya.