Nokia 2330c Hank & shutdown solution

MEDIA CELLULAR 2:58 PM
GEJALA KERUSAKAN :

1. Baru di on setelah 10-15 detik hp hank
2. Setelah kurang lebih 1 menit hp mati sendiri
3. Pada saat di charger hp normal

DIAGNOSA KERUSAKAN :

1. Ponsel baru dinyalakan semua tegangan dari IC UEM dalam keadaan normal (VIO,VFLASH, VANA, VCORE, dll), setelah kurang lebih 10 detik Hp menjadi Hank, pada keadaan hank tegangan VIO diukur ternyata turun menjadi 0.7V yang seharusnya 1.8V, Apa penyebabnya? : VIO disini adalah tegangan yang hampir dibutuhkan sebagian besar dari rangkaian Ponsel (LCD, Camera, Radio; Bluetooth, UPP, IC Flash, etc) Jadi tegangan VIO overload (terlalu banyak beban).
2. Setelah 1 menit Ponsel tiba-tiba mati sendiri karena CPU tiduk cukup mendapatkan tegangan yang dibutuhkan untuk dapat bekerja dengan semestinya.
3. Pada saat Ponsel dicharger normal-normal saja karena UEM mendapatkan bantuan tenaga dari external power.


1. Solusi yang terbaik adalah dengan membuat rangkaian Power Suply tambahan(regulator SMPS) yang outputnya 1.8v untuk mengurangi beban VIO tapi proses ini membutuhkan Waktu & Biaya yang lumayan dan juga rumit (bagi teknisi itu sangat menyebalkan).
2. Solusi ekonomis banget,tidak sampai 5rb rupiah, Bahkan bisa juga ambil dari ponsel yang sudah bangkai yakni memanfaatkan tegangan VFlash 2.8V untuk membantu VIO yang sebelumnya harus diturunkan dulu 1.8V yakni menggunakan 3 Dioda yang dirangkai seri seperti gambar diatas (1 dioda bis menurunkan tegangan 0.325V)a
3. Tidak beresiko tinggi asal dikerjakan dengan hati-hati dan sesuai petunjuk.
4. Eksekusi perbaikan tidak sampai 20 menit karena pemasangannya hanya membutuhkan solder.

NB : Setelah Pemasangan dioda seri 3pcs dari VFLASH ke VIO jangan lupa diukur lagi tegangan VIOnya jangan sampai over voltage untuk mencegah kerusakan Ponsel dikemudian hari.

Selamat Mencoba.......!!!

Sumber:klinik ponsel

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Anonymous
AUTHOR
May 22, 2010 at 8:46 AM delete

nice solution

Reply
avatar
Farid Sadak
AUTHOR
July 12, 2012 at 9:08 PM delete

Memorinya masih bisa ada ga? Misalnya sms penting, masih bisa dilihat?

Reply
avatar